Senin, 28 April 2014

67 Persen DPRD Paser Wajah Baru

*Satu Caleg Melebihi Nilai BPP di Dapil Paser I
Tana Paser - Dari rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara Parpol dan calon anggota DPRD yang telah diplenokan KPUD Paser pada 20-21 April kemarin, perolehan kursi DPRD Kabupaten Paser periode 2014-2019 sudah dapat diramalkan. Berdasarkan data tersebut, 30 kursi DPRD Paser direbut Caleg dari 12 Parpol dengan dominasi Partai Golkar,Demokrat, PPP, PDIP dan PKB.
Untuk periode 2009-2014, 25 kursi DPRD Paser, terdiri dari Golkar mengisi 4 kursi, PPP 3 kursi, Demokrat 3 kursi, PDIP 3 kursi. Kemudian empat Parpol meliputi PKS, PDP, Patriot dan PAN, masing-masing mendapatkan 2 kursi. Empat kursi lainnya akan diisi Caleg dari Hanura, Partai Buruh, PPD dan PKB.
Saat ini 30 kursi DPRD Paser secara rinci, Golkar akan mengisi 5 kursi, Demokrat 5 kursi, PPP 4 kursi. Kemudian tiga parpol meliputi PDIP, Hanura dan Gerindra masing – masing 3 kursi. Selanjutnya PKB, PAN dan Nasdem 2 kursi masing – masing. Di ikuti PBB dengan 1 kursi. Sedangkan PKPI dan PKS tidak mendapat kursi.
“Penetapan caleg terpilih digelar bulan Mei mendatang sekaligus pemberitahuan pada calon terpilih. Jadi ada tiga agenda, pertama kita akan menggelar rapat pleno terbuka secara umum untuk membacakan dan menetapkan perolehan kursi DPRD kabupaten. Kemudian membuat surat pemberitahuan untuk calon terpilih periode 2014-2019,” kata Abdul Qayyim Rasyid salah satu anggota KPU Paser, Selasa (22/4).
Pada Pemilu legislatif 2014 ini, Kabupaten Paser dibagi dalam empat Daerah Pemilihan (Dapil) yaitu Paser I, Paser II, Paser III dan Paser IV. Paser I meliputi Kecamatan Long Kali dan Long Ikis memperebutkan 8 kursi. Paser II (Kuaro,Batu Sopang, Muara Samu, Muara Komam) memperbutkan 8 kursi, Paser III Kecamatan Tanah Grogot memperebutkan 8 kursi DPRD Paser. Paser IV (Paser Belengkong, Batu Engau dan Tanjung Harapan) perebutkan 6 kursi.
“Bilangan pembagi pemilih (BPP) untuk calon anggota DPRD Kabupaten Paser diperoleh dari suara sah dibagi jumlah kursi DPRD Paser untuk masing-masing daerah pemilihan,” jelas Abdul Qayyim Rasyid.
Dari hasil rekapitulasi KPUD Paser, BPP Paser I sejumlah 4343 suara, Paser II 4000 suara, Paser III sebanyak 4043 suara dan Paser IV sebanyak 4187 suara. Namun ke-30 Caleg yang bakal terpilih mewakili rakyat Paser itu, ada satu yang mencapai BPP tersebut. Perolehan suara tertinggi diperoleh Hj Ridhawati Suryana RS dari Partai Demokrat yang bertarung di Dapil Paser I sejumlah 4868 suara.
Data tersebut juga menunjukkan hampir 67 persen anggota DPRD Paser adalah wajah-wajah baru. Dari 20 Caleg DPRD Paser incumbent, hanya 10 orang yang masih mendapat kepercayaan untuk menjadi wakil rakyat. Mereka adalah, Kaharuddin (Golkar), Upai Supaiman (PDIP), Supian (PPP), Hj Dian Yuniarti SSos (Demokrat), H Ihsan Wirawan (PPP), Dody Satwika Nasution ST (PAN), Amiruddin (Golkar), Muhammad Saleh (PDIP) dan H Abdullah (Demokrat). (surya adhie dharma)


Caleg Berpeluang Lolos ke DPRD Paser
Dapil Paser I
1. Demokrat :  - Hj Ridhawati Suryana *
                      - Noverie Amilia Parmiesca
2. Golkar      :  - H Kaharuddin SE *
3. PDIP        :  - Upai Supaiman  *
4. PAN         :  - Sutarno
5. Gerindra   :  - Hamransyah SH
6. PPP          :  - Supian *
7. NasDem    :  - Ahmad Rafii 
Dapil Paser II
1. PKB          : - Herman Setiawan SH
2. Demokrat : - Hj Dian Yuniarti SSos  *
3. Gerindra   : - Iskandar
4. PDIP        : - Budi Santoso ST Msi
5. NasDem    : - Ir H Sulaiman Eva Merukh MAP
6. PPP          : - H Ihsan Wirawan *
7. PAN         : - Dody Satwika Nasution ST *
8. Hanura     : - Udin Sahili 
Dapil Paser III
1. Golkar      : - H Amiruddin  *
                     - H Ambo Pendrei
2. Demokrat  : - H Hendrawan Putra 
3. PKB          : - Norasiah  
4. Hanura     : - Nurhayati
5. PPP          : - H  Abdul Latif Thaha  
6. Gerindra   : - Lim Eddy Hartono 
7. PDIP        :  - Muhammad Saleh *
Dapil Paser IV
1. Golkar      : - H Fadly Imawan SP MP
                     - Ikhwan Antasari
2. Demokrat : - H Abdullah *
3. Hanura     : - H Abd Rauf HS
4. PPP          : - M Fauzy Asy'ary
5. PBB          : - Umar
Keterangan  : * incumbent.
Sumber         : Diolah dari hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara KPU Paser. (surya adhie dharma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar