Sabtu, 21 Juni 2014

184.381 Surat Suara Di Terima KPU

TANA PASER – Pada Kamis (19/6) dini hari tepat pukul 01.30, sebanyak 184.381 lembar Surat Suara tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser, dengan pengawalan ketat kepolisian dan langsung diamankan di Ruangan KPU setempat. Logistic Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 ini, diangkut dengan mobil Box Dyna KT 8164 LK dari Balikpapan dan disambut oleh satu komisioner dan dua staf KPU Paser, yakni Abdul Qayyim Rasyid, Kusuma Saputra dan Ardiansyah.
Surat suara yang diterima, terdiri 1.000 lembar untuk Pemilu ulang (cadangan), dan 574 lembar Daftar Pasangan Calon (DPC) PPWP. Jumlah itu sudah termasuk surat suara cadangan sebesar 2,5 persen dari jumlah pemilih untuk pemilu.
Seperti disampaikan Komisioner KPU Paser Koordinator Divisi Logistik Abdul Qayyim Rasyid, pihaknya akan segera melakukan pelipatan surat suara dan melakukan inventarisir.
“Kita akan mengecek kondisi surat suara terlebih dahulu, setelah itu kita segera melipatnya,” katanya kepada Koran Kaltim, Kamis (19/6) kemarin.
Menurutnya, pada Pilpres 2014 ini, telah terjadi peningkatan jumlah pemilih di Paser, jika dibandingkan Daftar Pemilih Tetap Pileg yang lalu, sehingga Surat suaranya mengalami penambahan.
“Ada perubahan jumlah pilih saat Pilpres nanti, jika jumlah DPT Pileg lalu mencapai 176.388 jiwa. Untuk Pilpres jumlahnya bertambah 3.397 pemilih. Sehingga menjadi 179.785 pemilih saat Pilpres nanti,” imbuhnya.
Sedangkan untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan digunakan saat Pilpres, Abdul Qayyim Rasyid mengatakan, bahwa jumlah TPS tidak berubah. “Jika sebelumnya terdapat 1.472 TPS tersebar di 14 kecamatan saat Pileg, untuk Pilpres mendatang jumlahnya menjadi 1.465 TPS,” jelasnya.
Diketahui, surat suara ini langsung diantarkan dengan menggunakan pesawat Lion Air, dari Percetakan PT Temprina Medika Grafika Surabaya dengan perusahaan ekspedisi PT Suryagita Nusaraya.
Kemudian keluar dari Bandara Sepinggan Balikpapan sekitar pukul 14.00 Wita, melalui perusahaan ekspedisi PT Angkasa Dirga Mandiri, hingga sampai di Kantor KPU Paser dengan dikawal Polres Paser. Yaitu dua petugas lantas, satu petugas intel dan satu petugas Shabara. (sad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar