Sabtu, 31 Mei 2014

SMAN 1 Borong Nilai Tertinggi

TANA PASER – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Paser telah merekap siswa – siswi jenjang SMA dan sederajat peraih nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi, tercatat ada sepuluh besar peraih nilai UN tertinggi di bidang IPA dan IPS. Untuk kategori IPA 1-10 di raih siswa dari SMAN 1 Tanah Grogot, sedangkan IPS di raih oleh dua sekolah, yakni SMAN 1 Tanah Grogot dan SMAN 1 Batu Sopang.
“Jadi ini ada peringkat satu sampai sepuluh dari jenjang SMA yang IPA dan IPS se-Paser. Untuk IPA 1-10 nya di borong satu sekolah saja (SMAN 1 Tanah Grogot-red), sedangkan IPS ada dua sekolah yang mencapai 10 besar,” kata Kepala Disdik Paser H Shafruddin didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) M Yunus Syam kepada Koran Kaltim, Rabu (21/5).
Shafruddin menegaskan, hasil UN sanggup mengungkapkan data nilai-nilai murid mulai angka rendah 3 hingga angka tertinggi 10. Itu membantu Perguruan Tinggi (PT)  menyaring calon mahasiswa yang benar-benar berprestasi. “Kalau rapor itu tidak sepenuhnya bisa dipercaya ketimbang hasil UN, kan angka-angkanya hanya me-ngumpul pada 7,8, 9 dan 10. Masa sekolah yang bagus dan tidak bagus rata-ratanya sama, ini artinya kan tidak ada yang membedakan antara yang bagus dan tidak bagus, kalau UN relatif membedakan,” urainya.
Diingatkan, rapor bagus bukan jaminan pelajar lolos seleksi masuk PT. Karena,  banyak juga sekolah lainnya yang siswanya memiliki nilai bagus, bahkan lebih bagus juga ada. “Jadi kalau di se-kolah prestasinya bagus, tapi  tidak lolos seleksi masuk perguruan ja-ngan buru-buru menyalahkan, ini gara-gara UN. Di sekolahnya mungkin ia memiliki nilai paling tinggi, tapi  ada sekolah lain yang nilainya juga tinggi,” tambahnya.(sur214)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar