Jumat, 18 Juli 2014

Prabowo-Hatta Unggul Di Kecamatan Tanah Grogot

TANAH PASER – Rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 pada jenjang panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Paser, dipelnokan serempak Minggu (13/7) lalu. Seperti Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilpres 2014 digelar PPK Tanah Grogot, di Gedung PKK, diketahui jumlah TPS sebanyak 134,  tersebar di 16 wilayah. Yakni Kelurahan Tanah Grogot, Desa Tepian Batang, Desa Senaken, Desa Jone, Tapis, Sungai Langir, Tanah Periuk, Sungai Tuak, Rantau Panjang, Pulau Rantau, Muara Paser, Padang Pangrepat, Pepara, Janju, Sempulang dan Desa Perepat.
Hasil rekap berdasarkan Formulir D1 dibacakan perwakilan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari tiap desa, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul dengan perolehan 50,87 persen suara. Sedangkan Joko Widodo-JK  49,13 persen di Kecamatan Tanah Grogot.
“Kita telah memplenokan dengan dihadiri dua saksi dari paslon, yakni Agus Salim selaku saksi Prabowo-Hatta dan Sodikin dari paslon Jokowi-JK, serta Panwascam Tanah Grogot. Hasilnya, paslon nomor 1 memeroleh 15.253 suara, sedangkan Jokowi-JK 14.730 suara,” kata Aprianto, Ketua PPK Tanah Grogot, pada Senin (14/7) lalu.
Terkait ketidak hadiran PPS Muara Paser.  Aprianto menjelaskan, pihak PPK telah beberapa kali menghubungi ketua PPS Muara Paser melalui telephone. Namun tidak kunjung diangkat.
“Kita telah mencoba menghubungi PPS Muara Paser, baik ketuanya maupun anggotanya by phone. Tapi sampai pelaksanaan pleno tetap tidak ada jawaban. Akhirnya, kita musyawarahkan dengan kedua saksi dan panwas, dan mereka sepakat kita yang bacakan hasilnya,” urainya.
Diketahui, Proses rekapitulasi suara pilpres oleh PPK berlangsung hingga 15 Juli 2014.  Di tingkat kabupaten/kota oleh KPU setempat mulai 16-17 Juli dan di KPU provinsi pada 18-19 Juli. Tahapan terakhir rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional oleh KPU selama 3 hari pada 20-22 Juli 2014.
Agus Salim  saksi Paslon Prabowo-Hatta mengatakan, Pleno berjalan lancar. ”Alhamdulillah, meskipun ada selisih data, tapi masih bisa diatasi dan selesai di Rapat Pleno ini,” ucapnya.
Sodikin saksi paslon Jokowi-JK menyatakan, dari Formulir C1 danD1 yang mereka miliki, telah sesuai  “Hasilnya, sudah sesuai dengan data yang kita miliki,” ujarnya. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar