Minggu, 27 Juli 2014

20 Jenis Barang Kedaluarsa Diamankan

TANA PASER – Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Paser, Rabu (23/7), menggelar sidak barang dagangan yang tidak layak jual karena telah kedaluarsa dan kemasan rusak. Hadir dalam kegiatan ini, instansi terkait seperti Dinkes, Satpol PP dan Polres Paser. Sidang dimulai dari supermarket King Mart, disini petugas telah menemukan beras berkutu, mie instan, makanan dan minuman kemasan dalam kaleng, serta minyak harum atau wangi-wangian yang kedaluarsa dan kemasan penyok.
Kemudian dilanjutkan sidak ke supermarket Mey Ing. Petugas kembali menemukan roti kering, susu krim kemasan kaleng, olahan agar-agar melewati jangka waktu hingga berbulan-bulan.
Plt Kabid Perdagangan Suprapti mengatakan, makanan yang berada di pasaran selalu dalam pengawasan. Bila ditemukan kualitas membahayakan kesehatan masyarakat akan kita sita.
“Sidak ini, sebagai pengawasan kualitas makanan yang beredar di pasar,” katanya usai sidak di Supermarket King.
Diketahui, banyak makanan dan minuman kemasan kaleng, plastik hingga botol kaca, beredar di pasaran yang di konsumsi oleh masyarakat sudah kedaluarsa. Dengan temuan itu, maka pengawasan lanjutan akan lebih di tingkatkan, karena kualitas barang sangat penting bagi kesehatan konsumen.
Sedangkan di supermarket NK Biyu, petugas tidak menemukan makanan kedaluarsa, tapi hanya menemukan produk kemasannya rusak atau penyok langsung disita. Di toko kelontongan H Ami, petugas tak menemukan pada barang dagangan kedaluarsa, sehingga sidak dilanjutkan di pasar induk Desa Senaken. Disana ditemukan barang dagangan kedaluarsa. Hanya saja, sudah tersusun rapi dan siap di kembalikan kepada pihak distributornya.
Melihat hal tersebut, Kepala Satpol PP HM Guntur mengatakan, bahwa inisiatif seperti ini patut dicontoh pedagang lainnya. Yakni, memisahkan barang dagangan siap edar dengan kedaluarsa.
“Ini contoh dari pedagang yang baik, memisah barang dagangan siap jual dan kedaluarsa,” jelasnya.
Terpisah, Kasi Perlindungan Konsumen Disdagkop dan UKM Zainal Arifin mengatakan, ada 20 item barang dagangan berhasil disita petugas. “Jumlah keseluruhannya ada 20 item, terdiri makanan dan minuman. Setelah ini, segera kita lakukan BAP terlebih dahulu, baru kita musnahkan,” katanya. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar