Selasa, 02 Desember 2014

Desa Padang Jaya Gelar Panen Raya

TANA PASER – Kawasan pertanian Desa Padang Jaya, Kecamatan Kuaro menggelar Panen Raya Bawang Merah di areal Kelompok Tani (Poktan) Barokah dan Mekar Jaya, Senin (1/12). Kegiatan ini hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser dengan Bank Indonesia (BI) Balikpapan.
“Ini adalah terobosan dari Pemkab dan BI dalam mengembangkan bawang merah, dengan konsep pengembangan dari hulu ke hilir atau pendekatan cluster. Sehingga, berhasil membawa kami ke Panen Raya ini,” ujar Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Guntur Wahyodo kepada Koran Kaltim.
Panen raya bawang merah berlangsung di dua lahan poktan yakni Poktan Mekar Sari seluas 3,5 hektar, dan Poktan Barokah seluas 2,5 hektar. Setiap hektar lahan mampu menghasilkan 8 ton bawang merah.
“Harga bawang merah di pasar hari ini Rp 20.000 per kilogram (kg), sedangkan bawang merah yang dijual untuk bibit harganya lebih tinggi, sekitar Rp 40.000 per kilo. Produksi petani kita di sini dipastikan 8 ton per hektarnya, kalau dijual di Pasar, berapa banyak hasilnya,” ucapnya.
Kepala Perwakilan BI Balikpapan Mawardi BH Ritonga menyatakan, keberhasilan panen raya bawang merah adalah keberhasilan bersama. "Genap setahun kami melakukan pendampingan disini. Ke depannya, untuk pendampingan pasca panen kami mendatangkan petani dari Enrekang (Sulsel) sebagai kelanjutan dari ini. Sedangkan untuk pasarnya petani jangan khawatir, Pemkab Paser punya pasar tani untuk memasarkan hasil produksi petani,” sebutnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Paser, H Abdul Rasyid mewakili petani meminta BI mendorong sektor perbankan agar mau memberikan fasilitas kredit kepada petani, demi menunjang kebutuhan modal.
“Pernah saya tanya petani, kenapa produksi padinya sedikit ? jawaban petani karena memakai pupuk alam, dan Saya kira waktu itu adalah pupuk organik. Ternyata mereka tak sanggup beli pupuk, makanya saya mohon agar perbankan di Paser dihimbau untuk memfasilitasi permodalan untuk para petani,” ungkapnya. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar