Senin, 01 Desember 2014

Pelajar Bakal Dilibatkan Tanam Pohon

TANA PASER – Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2014, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui Dinas Kehutanan (Dishut) menanam 1 Milyar Pohon di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Perumahan Korpri Desa Jone, Kecamatan Tanah Grogot, Jum’at (28/11).
Kegiatan ini juga dihadiri, Bupati Paser HM Ridwan Suwidi, Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah, Dandim 0904/TNG Letkol Arm Rimoko Ardhani, Kapolres Paser AKBP Irwan Sik dan pejabat dilingkungan Pemkab Paser.
“Pohon-pohon yang ditanam adalah ladang amal bersama, di mana lingkungan hidup tetap terjaga sampai berlanjut kepada generasi mendatang.  Oleh sebab itu, Pak Bupati tadi minta agar dua kali dalam sebulan setiap Jumat, kita menanam pohon dengan melibatkan para pelajar,” kata Mardikansyah.
Ia melanjutkan, salah satu penyebab tingginya tingkat kekeruhan air Sungai Kandilo adalah kurangnya vegetasi hutan. Untuk itu, pihaknya menghimbau semua elemen masyarakat untuk bersama-sama memperbaiki.
“Inikan air di Sungai Kandilo hampir sulit diolah menjadi air bersih, makanya harus dilakukan upaya-upaya perbaikan. Satu di antaranya penanaman pohon  di pinggir-pinggir Sungai Kandilo,” sebutnya.
Sementara itu, Kepala Dishut Kabupaten Paser H Hariadi mengatakan, dampak pembangunan menyebabkan tutupan vegetasi hutan berkurang. Berkurangnya debit air dari hulu saat ini mulai terasa, termasuk peningkatan erosi dan sedimentasi, meningkatnya kekeruhan air sungai serta resiko banjir di musim penghujan.
“Khusus di kawasan pesisir,  berkurangnya hutan bakau menyebabkan banyak kawasan pantai yang terkikis (abrasi), intrusi air asin makin jauh ke hulu sungai dan mengurangi serapan CO2. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar