Rabu, 24 Desember 2014

Eksplorasi Kinanti II Dimulai

TANA PASER – Bupati Paser HM Ridwan Suwidi menarik tuas sirine sebagai tanda Tajak Sumur PT Paser Petroleum Resource Limited (PPRL) ketiga yang diberi nama Kinanti II, di Kecamatan Paser Belengkong, pada Selasa (23/12).
Dalam sambutannya, Bupati Paser berharap eksplorasi di titik ketiga ini dapat membuahkan hasil maksimal. “Pada saat ini, kita berkumpul bersama dalam rangka menyaksikan tajak sumur perdana Kinanti II. Dan semoga, semua kerja-kerja ini bisa berhasil sebagaimana dengan yang kita harapkan,” katanya.
Sebelumnya PT PPRL telah melakukan pengeboran di dua titik. Yakni Sumur Kinanti I dan Kirana I di Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser. Sumur Kinanti I terdapat minyak, sedangkan Kirana I tidak terindikasi.
Terpisah, Kepala Bagian Operasional atau yang sering disebut company man PT PPRL, Ahmad Maulana menerangkan, pengeboran Sumur Minyak Kinanti II direncanakan sedalam 4.000 kaki atau 1.300 meter.
“Insya Allah, ditemukan minyak di titik kedalaman 4.000 kaki dari permukaan tanah. Di atas kertas, kalau untuk ngebor diperlukan waktu selama 20 hari, dan untuk rafting-nya selama 10 hari. Jadi, kemungkinan setelah 30-31 hari dari sekarang, kami sudah dapat mengetahui hasil sebenarnya,” urai Ahmad.
Sumur Kinanti II diprediksi mampu memproduksi minyak 17 juta barel, dengan masa produksi selama 10 hingga 15 tahun. “Kalau sesuai dengan hitungan kami, prediksinya sekitar 17 juta Barrel oil. Sedangkan durasi produksinya selama 10 hingga 15 tahun,” ujarnya. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar