Jumat, 28 November 2014

Jelang MEA 2015, Pencaker Dibekali

TANA PASER -  Jelang pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Paser menggelar sejumlah pelatihan untuk meningkatkan skill para pencari kerja (pencaker) di Paser.
“Sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan tenaga kerja di Paser dalam menghadapi MEA 2015, kami menggelar 8 pelatihan beberapa waktu lalu. Dimana 6 jurusan bersumber dari APBN dan 2 jurusan dari APBD,” ujar Kepala Disnakertrans Kabupaten Paser, Sanjoyo kepada Koran Kaltim., Jum’at (28/11).
Dari 85 pendaftar, peserta pelatihan yang hadir di Balai Latihan Kerja (BLK) KM 5, berjumlah 70 orang. “Pelatihan tidak menyentuh kepada yang teknis-teknis, tapi lebih kepada pengenalan dunia industri atau perusahaan,” ucapnya.
Kedepan, pihaknya akan bersurat secara resmi kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Paser untuk memberikan pembinaan lebih lanjut kepada para peserta ini. “Jadi, perusahaan nantinya yang menentukan sesuai jurusan atau keahlian mereka, misalnya, yang lulusan SMK Otomotif dilatih bidang mesin, untuk instruktur dari Kideco, PAMA, Petrosea, BUMA dan BPJS Ketenagakerjaan. Kami berharap, supaya 70 orang ini terserap semua seperti siswa pembekalan calon magang angkatan pertama dan kedua,” ujarnya.
Sayangnya, saat ini pihaknya belum mengetahui perkembangan alumni pelatihan tersebut. Pasalnya, tidak ada laporan, baik dari yang bersangkutan maupun dari pihak perusahaan.
“Daya serap tenaga kerja kita tinggi tiap tahunnya, tapi tak bisa kami ukur, karena tak ada laporan. Padahal, kami sangat memerlukan data itu untuk mengetahui indek pertumbuhan ekonomi terhadap pertumbuhan tenaga kerja,” sebutnya.
Sanjoyo mengatakan, jika pertumbuhan ekonomi 1 persen, maka Indonesia harus menyerap tenaga kerja minimal 1 juta orang. Dan begitu pula sebaliknya. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar