Rabu, 03 September 2014

BPBD Gelar Latihan Repling


TANA PASER – Badan Penang-gulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser, Selasa (2/9) menggelar latihan repling, diikuti 30 anggota Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas PB), di atas jembatan Sungai Kandilo.
Repling merupakan kegiatan turun dari ketinggian menggunakan peralatan mountaineering seperti karnmantel, tali body, figur, karabiner dan alat-alat semacamnya. Biasanya kegiatan repling ini banyak dilakukan militer, tim sar, pencinta alam untuk menuruni medan yang curam.
Kepala Pelaksana BPBD Chandra Irwandhi didampingi Kasi Kedaruratan & Logistik Suyatno mengatakan, bahwa latihan ini dilaksanakan secara rutin untuk mengasah keterampilan anggota di waktu menolong korban bencana alam. Tak hanya itu, pihaknya juga sering melakukan latihan seperti menyelam dan penanggulangan massa.
Mengingat sebagian dari wilayah Bumi Daya Taka (sebutan Kabupaten Paser,red) terdapat sungai yang menjadi andalan salah satu transportasi. “Bencana bisa datang kapan saja, dimana saja, maka kesiapan anggota kita asah secara terus menerus,” kata Suyatno.
Ditambahkannya, BPBD Paser membuka kesempatan kepada masyarakat, baik umum dan organisasi untuk ikut latihan bersama, guna bertukar pikiran dalam upaya pencegahan dan menghadapi bencana alam. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar