Rabu, 17 September 2014

Raskin Tersalurkan Baru 70 Persen

TANA PASER – Sejak Januari Hingga Minggu kedua September tahun ini, penyaluran dan pembayaran Beras Miskin (Raskin) di Kabupaten Paser, baru mencapai 70 persen.
“Serapan Raskin, Januari hingga sekarang baru 70 persen,” kata Kepala Kantor Seksi Logistik Badan Urusan Logistik (Bulog) Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Ariston Setiawan, didampingi Ketua Satuan Kerja Raskin, Indrawahyudi.
Kondisi geografis di Kabupaten Paser, menjadi kendala Raskin belum seluruhnya tersalurkan. Seperti akses transportasi, jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang tidak sesuai dan desa yang sedang mengalami musim panen. “Kalau kendalanya sih masih sama seperti tahun lalu,” ujarnya.
Namun demikian, sambung Indrawahyudi, pihaknya tetap optimis penyaluran dan pembayaran selesai hingga akhir tahun ini. “Kan, SPA (Surat Permintaan Alokasi,red) sudah terbit untuk 12 bulan. Kami tetap optimistis selesai akhir tahun. Soalnya, tahun lalu saja bisa selesai. Padahal ada masuk tambahan Raskin,” tambahnya.
Menurutnya, untuk tahun ini, jumlah total Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kabupaten Paser sebanyak 15.414 dengan 231-210 Kg per bulannya. “Kemungkinan, tahun depan ada perubahan jumlah RTS di Paser,” ungkapnya.
Lebih jauh Indrawahyudi mengatakan, untuk tahun 2013 lalu masih ada desa yang belum menyelesaikan hingga 2014 ini. “Desa Muara Toyu, Kecamatan Long Kali, sekitar 3,7 Ton,” sebutnya.
Untuk diketahui, Bulog Kalimantan Timur (Kaltim) akan menggelar Monitoring dan Evaluasi Raskin jenjang Provinsi Kaltim di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada 25 September men-datang.(sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar