Rabu, 24 September 2014

PKL di Paser Diminta Tertib

TANA PASER – Menjaga kebersihan kota merupakan kewajiban bersama. Selain bertujuan mempercantik wajah kota Bumi Daya Taka, juga memberikan nilai kemudahan bagi pedagang kaki lima untuk menggelar barang dagangan. Dengan tujuan penataan pusat ekonomi, tentu memiliki keuntungan untuk masyarakat yang mencari rezeki.
Baik pedagang buah-buahan, bunga, kebutuhan sembako hingga perlengkapan rumah tangga. Tak hanya itu, fasilitas pejalan kaki atau trotoar yang telah dibangun juga dapat dimanfaatkan bersama untuk keselamatan.
Perwujudannya, Satpol PP dan Dinas Kebersihan & Pertamanan Paser melakukan pembenahan barang dagangannya, seperti menggeser lapaknya lebih menjorok ke dalam. Hal itu mengacu Perda Nomor 28 Tahun 2008 Tentang Ketertiban umum.
Kepala Satpol PP Paser HM Guntur mengingatkan pentingnya kebersihan kepada para pedagang, tentunya terkait penataan kota, sehingga memberikan kesan bersih bagi siapapun, baik warga maupun mereka yang berkunjung ke Paser. Selain itu dapat memberikan kemudahan bagi para pejalan kaki untuk mendapatkan haknya.
“Kondisi pusat perekonomian kota dapat dibersihkan, terutama lapak dagangan yang sampai ke trotoar bagi pejalan kaki. Dua hal tersebut tentu mendatangkan manfaat bersama dan bersahabat dengan para pedagang. Selain keselamatan, juga keuntungan dalam menggelar barang dagangannya,” kata Guntur, kemarin.
Guntur juga menambahkan, pusat perekonomian seperti Kawasan Pasar Senaken, Kandilo Plaza, Jl RA Kartini diyakini memberikan magnet bagi pedagang, namun harus terus dipantau terkait kebersihan dan kerapihannya. “Selain menjalankan tugas sebagai penegakan Perda, banyak hal yang dilakukan Satpol PP selain penegakan Perda,” tandasnya . (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar