Kamis, 18 September 2014

Rotan Melimpah, Warga Dilatih Berkreasi


TANA PASER – Untuk meningkatkan potensi hasil hutan berupa Rotan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui Kecamatan Paser Belengkong menggelar Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Aula Desa Laburan, Kecamatan Paser Belengkong. Pelatihan selama tiga hari, Selasa-Kamis (16-18/9), merupakan kerjasama pemerintah dengan PT Borneo Indah Marjaya (BIM).

“Dalam penyelenggaraan seminar tiga hari ini, kami bekerjasama dengan PT BIM, untuk mengangkat potensi yang ada di Desa Laburan. Seperti pengrajin Rotan,” terang Camat Paser Belengkong Ibnu Mansyah, kepada Koran Kaltim, Rabu (17/9).

Menurutnya, meskipun infrastruktur Desa Laburan masih sangat minim, kualitas hidup warganya harus meningkat, baik dari segi ekonomi, maupun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. “Desa Laburan ini, bukan tempat baru untuk saya, makanya saya menitip warganya untuk ikuti pelatihan kewirausahaan ini. Karena, kalau bukan kita sendiri yang berusaha, siapa lagi yang diharapkan untuk merubah kehidupan kita sendiri, dan kesempatan seperti (ini) sangat langka di sini,” ucapnya.

Demi mendapat hasil yang maksimal, lanjut Ibnu Mansyah, pihaknya langsung menghadirkan para pakar dari Balai Besar Pendidikan & Pelatihan Ekspor Indonesia dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia sebagai Narasumber.

“Sengaja kami menghadirkan pemateri andal di bidangnya, adalah Supriyanto, Anwar, Zulkifli, Endro Pranowo dan I Made Agus Dwiatmika. Supaya dapat memberikan perubahan mengenai trik untuk memasarkan Kerajinan
Rotan, seperti Lampit, Keranjang Belanja dan Piring Buah,” urainya.

Kemudian, Ibnu Mansyah juga mengapresiasi Camat Paser Belengkong periode sebelumnya. Atas kinerjanya, kegiatan ini bisa terlaksana saat ini. “Kami juga berterimakasih kepada Bu Puji Widyastanti, karena telah memprogramkan kegiatan ini. Dan selama ini, sangat antusias untuk memajukan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa,red) disini,” ujarnya.

Sebelumnya, Kabid Industri Dinas Perindustrian dan ESDM Kabupaten Paser, Duma Rilva SE menegaskan, pembinaan hasil kerajinan rotan diharapkan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Mengingat rotan yang banyak berada di desa ini.

“Kesempatan ini sangat baik untuk masyarakat dalam pengembangan SDM untuk berwirasasta dalam persaingan dagang,” kata Duma Rilva saat membuka acara pelatihan hasil Rotan yang diikuti sebanyak 20 peserta ini, Selasa (16/9). (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar