Jumat, 10 Oktober 2014

Kini Menggunakan Portabel

TANA PASER – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Paser mempersiapkan bak sampah portable jenis kontainer untuk menggantikan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS).
“Secara bertahap, kami telah menggantikan TPS model lama dengan bak sampah portabel. Bentuknya hampir sama dengan kontainer dan dapat dipindah- pindah,” kata Kepala DKP Kabupaten Paser, Herwati, kepada koran ini, kemarin.
Menurut dia, pemanfaatan TPS model lama, kurang optimal untuk menampung sampah karena tidak jarang sampah yang dibuang, berceceran di luar tempat sampah dan membuat kotor lingkungan sekitarnya.
“Bak sampah portabel dilengkapi pintu yang bisa dibuka dan ditutup. Jadi lebih rapi dan terlindung dari tiupan kencang atau binatang liar seperti kucing dan anjing. Di sekitar bak sampah portabel itu ada yang menjaganya,  seperti bisa kita lihat di SDN 017 dan SDN 001 Tanah Grogot,” kata Herwati.
Namun demikian lanjut dia, penggantian TPS saja tidak cukup untuk meminimalisir kekotoran sampah, melainkan harus ditunjang dari kesadaran masyarkat, agar terbina kerjasama yang apik antara petugas kebersihan dan warga.
“Cukup mengikuti himbauan atas waktu yang telah ditetapkan sesuai Perda dalam membuang sampah. Sehingga di pagi hingga sore hari, Kabupaten Paser bersih dari sampah,” ujarnya.

Herwati juga mengatakan, pihaknya juga telah mengimbau agar pengelola TK dan SD supaya mengajarkan kepada peserta didiknya untuk lebih dini ikut peduli dengan kebersihan kota Tanah Grogot. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar