Sabtu, 18 Oktober 2014

Kodim 0904/TNG Buat 50.000 Biopori

TANA PASER – Serempak, Kodim 0904/TNG membuat 50.000 lubang resapan Biopori yang tersebar di setiap kecamatan di bawah wilayah komando Kodim 0904/TNG. Kegiatan ini juga sebagai bentuk bakti TNI terhadap kelestarian lingkungan.
Sesuai surat edaran dari Panglima TNI, dan juga masuk dalam rangkaian HUT TNI ke-69, TNI di seluruh wilayah Indonesia secara serempak membuat lubang resapan Biopori,” kata Dandim 0904/TNG Letkol Arm Rimoko Ardhani didampingi Kasdim 0904/TNG Mayor Inf Augusto M Lopez, Jum’at (17/10).
Pembuatan lubang resapan biopori, lanjut Dia, dicetuskan oleh Dr Kamir R Brata salah satu peneliti dari Institut Pertanian Bogor. Biopori berfungsi meningkatkan daya resap air pada tanah. Dapat dilakukan dengan cara membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos.
“Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini, juga dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana ini kemudian disebut dengan nama biopori,” jelasnya.

Kedepannya, Dia berharap, supaya pembuatan lubang resapan Biopori dapat terus dilanjutkan. Diketahui, Kegiatan pembuatan Lubang Resapan Biopori yang dimulai oleh TNI awal Agustus 2014 lalu akhirnya menyentuh 10 juta lubang mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar