Sabtu, 10 Januari 2015

HIV/AIDS Teridentifikasi di Paser

TANA PASER – Hingga Oktober 2014 lalu. Tercatat, sebanyak 5 kasus HIV/AIDS di Kabupaten Paser. Hanya saja, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser mengakui data tersebut masih belum final. Pasalnya jumlah tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan penyakit dalam di Rumah Sakit (RS) Panglima Sebaya.
“Kalau dari hasil pemeriksaan atas pasien penyakit dalam di RS Panglima Sebaya, ada beberapa yang terindikasi positif HIV/AIDS. Namun, kami belum melakukan penjajakan lebih jauh,” kata Kadinkes Kabupaten Paser dr I Dewa Made Sudarsana kepada harian ini, Jum’at (9/1).
Selama ini, kata Dia, pihaknya dan RS Panglima Sebaya belum menangani secara langsung pengidap penyakit ini. Karena, keberadaan pasien yang mengidap HIV/AIDS justru diketahui saat menjalani perawatan medis di RS. “Pasien yang teridentifikasi HIV/AIDS, segera dirujuk ke RS Kanudjoso Djatiwibowo  di Balikpapan,” ucapnya.
Selain RS Panglima Sebaya, lanjut dr Dewa, pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Tanah Grogot juga memiliki data rekam jumlah orang yang positif HIV/AIDS. Menurut Dia, di 2014 terjadi penurunan jumlah pendonor positif HIV/AIDS bila dibandingkan 2013 lalu.
“Berdasarkan laporan PMI Tanah Grogot ke kami, selama 2014 teridentifikasi tiga pendonor positif HIV/AIDS. Sedangkan 2013 lalu, terdapat empat pendonor positif HIV/AIDS,” urainya. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar