Selasa, 20 Januari 2015

Polres Paser Sasar Pelanggar Marka

TANA PASER – Berdasarkan Surat Telegram (ST) Kapolda Kaltim No 10/2015 dan 13/2015, jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort (Polres) Paser menggelar operasi tertib lalu lintas.
Kapolres Paser AKBP Anggie Yulianto Putro SH SIK MHum didampingi Kasatlantas AKP Rahmadhanil mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah para pelanggar marka jalan.
“Untuk tematik Januari dan Februari ini focus terhadap pelanggaran marka jalan. Tapi saat ini belum dilakukan penindakan, karena kami berkewajiban mensosialisasikan terlebih dahulu. Rencananya sosialisasi dilaksanakan selama seminggu ke depan,” katanya usai sosialisasi tertib marka jalan, Senin (19/1).
Petugas akan menindak para pelanggar marka, seperti menyalahi garis bahu jalan, menyalip di garis panjang (tidak putus-putus), dan garis stop. “Sementara ini, kami fokuskan di setiap persimpangan Kecamatan Tanah Grogot terlebih dahulu. Lewat waktu sosialisasi selama seminggu kedepan, penindakan bisa berupa peringatan atau tilang,” ucapnya.
Menurutnya, pelanggaran marka jalan kerap ditemukan di wilayah hukum Kabupaten Paser, terutama di Kecamatan Tanah Grogot. “Selama ini kan, sebagian pengendara ada yang berhenti melewati garis pembatas di depan zebra cross. Semestinya kan tidak boleh, karena dapat membahayakan keselamatan para penyebrang jalan,” sebutnya.
Setelah penertiban pelanggaran marka jalan, Satlantas juga segera menggelar penertiban pelanggaran melawan arus, pelanggaran berhenti disembarang tempat, parkir liar, penggunaan helm dan sabuk pengaman, serta penggunaan telepon genggam saat mengemudi.
“Selain itu, kami juga mensosialisasikan tertib lantas di sekolah-sekolah. Kemarin, kami telah gelar giat sosialisasi tertib lantas di SMAN 1 Tanah Grogot bertepatan dengan HUT (Hari Ulang Tahun) SMA tersebut. Kedepan, kami juga akan mendatangi SMKN 1 Tanah Grogot untuk mensosialisasikan hal yang sama,” ujarnya.
Melalui media ini, Ia juga menghimbau kepada setiap elemen masyarakat, supaya tertib lantas untuk bersama-sama menjaga keselamatan di jalan. “Kami harap dukungannya dari semua pihak, supaya menjadikan keselamatan di jalan sebagai prioritas yang paling utama ketika berkendara,” tukasnya. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar