Jumat, 02 Januari 2015

Polres Launching Aksi Keselamatan 2015

TANA PASER – Kepolisian Resort (Polres) Paser, Rabu (31/12), menggelar Apel Launching Pelopor Aksi Keselamatan Berlalu-lintas 2015 menuju Indonesia tertib, bersatu keselamatan nomor satu. Kegiatan ini digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, yang ditandai dengan pemasangan baliho dan pelepasan balon.
Kegiatan ini dimulai dengan gelar pasukan di halaman Markas Polres (Mapolres) Paser di Jl Jendral Sudirman yang diikuti anggota Polri, TNI, Dishub Paser, Jasa Raharja, Satpol PP dan dua klub motor. Kegiatan ini juga dihadiri Dandim 0904/TNG, Letkol ARM Rimoko Ardhani, Kadishub Paser Adi Maulana, dan Kepala Satpol PP HM Sidik.
Sambutan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Inspektur Jendral Polisi Condro Kirono yang dibacakan Kapolres Paser AKBP Irwan SIK selaku pembina Apel, menyatakan bahwa kecelakaan lalu lintas (lakalantas) sudah menjadi perhatian dunia. Di Indonesia, rata-rata per jam sebanyak tiga orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.
“Kecelakaan berawal dari pelanggaran. Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama agar mematuhi tata tertib berlalu lintas. Dengan program ini kita akan membantu karakter tertib dan beretika dalam sopan berlalulintas,” katanya.
Ia melanjutkan, lalu lintas merupakan urat nadi kehidupan masyarakat, sebagai cermin budaya bangsa.
“Makna dari urat nadi kehidupan dapat dipahami bahwa suatu masyarakat dapat hidup tumbuh dan berkembang kalau ada produktifitas dan aktifitas yang didukung atau melalui lantas. Dengan demikian lalu lintas harus aman, selamat, lancar, dan tertib. Sehingga terwujud dan terpeliharanya keamanan dan ketertiban berlalu lintas,” ucapnya.
Usai kegiatan, Kasat lantas Polres Paser, AKP Ramadhanil menambahkan, pihaknya terus berupaya mengajak dan menggalakkan tertib berlalu lintas bagi masyarakat.
“Intinya mengajak warga Paser untuk menjadi pelopor keselamatan berlalulintas, meskipun tingkat lakalantas di Paser pada 2014 ini mengalami penurunan bila dibandingkan jumlah lakalantas pada 2013. Dan semoga dari program ini, masyarakat lebih mengerti jika keselamatan saat berkendara adalah suatu kebutuhan yang harus kita lakukan bersama,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubu-ngan (Dishub) Kabupaten Paser, Adi Mau-lana sangat mengapresiasi dan mendu-kung program ‘Menuju Indonesia Tertib, Bersatu Keselamatan Nomor Satu’.
“Program yang sangat bagus, apalagi Kabupaten Paser merupakan daerah lintasan yang menghubungkan dua provinsi, yakni Provinsi Kaltim dan Provinsi Kalsel. Makanya, kecelakaan lalu lintas merupakan persoalan yang harus dicegah dan diminimalisir,” katanya. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar