Jumat, 09 Januari 2015

Kadinsos: Penertiban Tugas Satpol PP

TANA PASER – Sekelompok Anak Baru Gede (ABG) di Paser memilih mencari uang dengan cara mengamen di sejumlah tempat berkumpul, seperti warung dan tepian Suangai Kandilo (Siring).
Meskipun kata pengamen identik dengan penyakit masyarakat, mereka yang tergolong bocah ingusan dan tidak mengerti apa sebenarnya penyakit masyarakat. Sambil memainkan gitar kecilnya, ABG itu terus saja bernyanyi dari warung ke warung dan orang per orang. Pun terkadang, tak seorang pun memberikan uang.
Salah satu warga Desa Tanah Priuk, Arbain mengatakan, fenomena ini terlihat sejak Desember 2014 lalu hingga sekarang, terutama di Kecamatan Tanah Grogot. “Iya, sekarang marak terlihat pengamen di Paser, dari yang cilik hingga dewasa. Maka telah ada Perda-nya kok dibiarkan saja ya,” katanya.
Menurut Dia, rata-rata pengamen adalah ABG. Mereka menggunakan sebuah gitar kecil atau ukulele empat senar, seperti yang digunakan Tegar (pengamen yang menjadi salah satu artis cilik ibukota). Hebatnya, dalam setiap aksinya mereka kerap menyanyikan lagu-lagu sindiran kepada pihak pemerintah.
“Ada yang hanya berdua, tapi ada juga yang berkelompok. Anehnya, kebanyakan dari para pengamen ini menggunakan alat yang seragam, yakni sebuah gitar kecil dalam setiap operasinya, dan lagu yang menyindir,” sebutnya.
Menyikapi maraknya pengamen dan peminta-minta di Kabupaten Paser, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Paser, Amiruddin Ahmad mengatakan, penindakan para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) adalah Tugas, Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Paser.
“Kami siap membina, tapi kalau penertibannya kan tugasnya Satpol PP. Jadi alurnya, Satpol PP melakukan penindakan, setelah berhasil menjaringnya, mereka digelandang ke Kantor Satpol PP untuk dilakukan pendataan. Setelah itu, diantar ke kami untuk dibina. Kemudian, yang bukan berasal dari Paser, kami pulangkan kembali ke daerah asalnya setelah dilakukan pembinaan,” kata Amir, Kamis (8/1). (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar