Jumat, 02 Januari 2015

Kelahiran Brotoseno, Meriahkan HUT Paser

TANA PASER - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Paser ke-55, Pemkab sengaja menggelar pertunjukan wayang kulit  di areal Wisata Belanja Bank Kaltim, Sabtu malam (27/12).
Menampilkan Ki dalang Joko Purnomo, yang masih tercatat sebagai mahasiswa Insitut Seni Surakarta, mengusung lakon kelahiran Brotoseno dalam pertunjukan wayangnya. Pagelaran diawali dengan Penyerahan Tokoh Brotoseno dari Koordinator Wayang Kulit Paser Suranto  kepada  Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah.
“Sengaja kami memilih cerita ‘Kelahiran Brotoseno’ di Peringatan HUT Paser ke-55 ini, selain untuk lebih mengenalkan seni perwayangan, dan dalam rangka pergantian pemimpin pada 2015 mendatang. Harapannya, pemimpin Paser kedepan dapat mencontoh sosok Brotoseno,  dengan karakter bijaksana, dan tegas,” kata Suranto.
Selain itu, lanjut Dia, pihaknya juga telah mendatangkan tujuh mahasiswa dari Institut Seni di Surakarta. Terdiri dari satu dalang, satu sinden (penyanyi), dan lima pemain gamelan.
“Jadi masih berhubungan dengan pergantian tampuk kepemimpinan, sengaja pula kami menghadirkan pemain yang rata-rata di bawah usia dua puluh tahun. Harapannya, supaya pemimpin Paser ke depan hadir dari generasi muda,” harapnya. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar