Senin, 18 Agustus 2014

Pemkab Dan Warga Adakan Gotong Royong

TANA PASER – Menjelang Hari Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69, Pemerintah Kabu-paten (Pemkab) dan segenap warga di Paser bahu-membahu untuk mem-percantik kota dengan mem-bersihkan dan memangkas pohon yang menjorok ke ruas jalan Trans Kaltim-Kalsel, tepatnya dari arah Kecamatan Long Ikis hingga Kecamatan Long Kali, Kamis (14/8).
Ketika dikonfirmasi, Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang dilakukan segenap masyarakat yang berdomisili di sekitar Jalan Negara Trans Kaltim-Kalsel tersebut sebagai Ikhtiar menyambut kemerdekaan ini.
“Terlihat, warga kami sangat memiliki bakti terhadap Negara Indonesia, mereka berbondong-bondong mempersiapkan kemerdekaan dengan bergotongroyong, guna mempercantik wajah kota saat peringatan,” katanya kepada Koran Kaltim, Jum’at (15/8).
Secara gotong royong, lanjut Mardikansyah, tampak pohon-pohon yang di tumbangkan. Seperti Pohon Sengon, Pohon Jati, Pohon Jambu dan Pohon Sukun yang tumbuh di samping jalan raya. Supaya mem-berikan kemudahan bagi pengendara lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas (laka Lantas).
“Kepedulian masyarakat kita sangat tinggi, terutama dengan kerap terjadinya laka lantas di daerah itu. Nantinya, pandangan para pengguna jalan dapat lebih jauh dan jelas, khususnya di jalan-jalan yang ber-kelok,” ucapnya.
Terpisah, Miran Susianto SP selaku Camat Long Ikis mengatakan, bahwa inisiatif berupa penebangan pohon tersebut, timbul dari niatan warga sendiri. Dan juga sebagai langkah untuk persiapan hari kemerdekaan RI ke 69 sekaligus mempercantik pemandangan kota.
“Penebangan tersebut di lak-sanakan dengan sukarela dan inisiatif untuk memperindah pemandangan menyambut HUT RI Kemerdekaan,” ujarnya.
Sementara itu, aktifitas serupa pula, terlihat di sebagian kawasan Gunung Rambutan. Adalah Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Paser yang sedang melakukan penataan daerah wisata di wilayah tersebut.
Seperti yang disampaikan Kepala Satpol PP Kabupaten Paser HM Guntur. “Ini sebagai upaya mem-perindah obyek wisata air terjun disini, maka kami turunkan personel untuk pembersihan pohon dan ranting. Karena mengganggu pandangan pengguna jalan,” katanya.
Guntur juga mengatakan, bahwa pemandangan kota sangat tampak dari puncak Gunung Rambutan. Apalagi di sore hari, makanya sangat pantas untuk di kembangkan menjadi salah satu obyek wisata.(sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar