Sabtu, 30 Agustus 2014

Pemkab Tingkatkan Status Puskesmas Jadi BLUD


TANA PASER – Demi meningkatkan pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Paser akan ditingkatkan statusnya menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dengan pelayanan kesehatan hingga 24 jam. Sebagai awal, akan diterapkan pada Puskesmas Kuaro, yang telah lama menerapkan program layanan kesehatan nonstop.  Tentunya, memberikan kemuda han bagi masyarakat terutama yang tinggal di pelosok desa.
Sebagai uji kelayakan, Bappeda mengundang pakar Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Univer sitas Indonesia Jakarta, sebagai narasumber pada acara seminar, yakni Ketua Pusat Kajian AKK FKM UI Dr Ede Surya Darmawan SKM MDM, Guru Besar FKM UI Prof Amal C Sjaaf, Vetty Yulianty S Si MPH, Dr Pujianto SKM MKes. Hadir pula Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas di kecamatan, untuk mendapatkan bimbingan teknis.
BLUD memiliki peranan untuk memberikan pelayanan dan mana jeman keuangan sangat mumpuni di bidangnya, seperti bisnis dan konsultasi kesehatan dengan harga terjangkau dan memberikan kemudahan bagi masyarakat.
Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah SH MAP dalam seminar mengatakan, pergantian status untuk mengganti manajeman pelayanan siaga 24 jam, agar puskesmas dapat dimanfaatkan setiap hari. “Kondisi pelayanan publik, dalam hal ini pelayanan di bidang kesehatan, harus memberikan pelayanan yang baik. Karena masyarakat kita sangat membutuhkan pelayanan kesehatan,” katanya di Gedung Serbaguna Kantor Bappeda.
Dengan mengerahkan sisitem pelayan BLUD, diharapkan memberikan perubahan terhadap manajeman.(sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar