Minggu, 23 November 2014

TNI Tanam Nasionalisme Sejak Dini

TANA PASER – Bela Negara merupakan tanggung jawab setiap warga Negara sebagai wujud cinta terhadap tanah air.
“Makna mendalam inilah yang ingin kami tanamkan sejak dini kepada setiap generasi penerus bangsa,” kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 0904/TNG Letkol Arm Rimoko Ardhani melalui Kepala Staf Distrik Militer (Kasdim) Kodim 0904/TNG Mayor Inf Augusto M Lopez, saat menjadi Narasumber dalam Dialog Interaktif yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Paser, Jum’at (21/11).
Karena itu TNI bekerjasama dengan sekolah untuk menanamkan nasionalisme sejak dini kepada para pelajar. “Saat menjadi pembina upacara di sekolah, kami terus gaungkan dan tanamkan semangat Nasionalisme kepada para pelajar. Sebagai motivasi dalam melakukan pengembangan diri untuk wujud ke-cintaan terhadap negara,” ucapnya.
Menurutnya, nasionalisme tidak terlepas dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dan perkembangan kontemporer dewasa ini. Melalui pelajaran sejarah, para pelajar dapat mengetahui para pendiri bangsa.
“Makanya, kami juga menanamkan nilai nasionalisme dan kebangsaan kepada para pelajar dengan memotivasi untuk mempelajari sejarah. Konsep yang dihasilkan para pendiri bangsa pada 1945 tersebut, berhasil untuk mempersatukan wilayah yang kita kenal sebagai Indonesia pada saat ini,” ujarnya.
Terkait penyalahgunaan narkoba yang merusak generasi penerus bangsa, Augusto mengatakan, pihaknya selama ini turut terlibat dalam pemberantasan Narkoba. “Karena narkoba juga merupakan ancaman bagi ketahanan nasional, kami ikut terlibat pula dalam pemberantasannya. Dengan berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk aksinya,” ujarnya. (sur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar